Manusia Setengah (Ikan) Salmon

"Bahwa sesungguhnya terlalu perhatiannya orang tua kita adalah gangguan terbaik yang pernah kita terima". 

 
Lagi Geje, nemenin temen beli Roti di Stroberi, trus mendadak tersasar ke Gramed, posisi gw saat itu, duit bawa 60 rebo doang, rencananya si mau liat-liat aja sama sekalian mastiin apakah buku Manusia Ikan Salmon uda ada di Gramedia Purwokerto belu, ternyata uda ada cuy,, dari tangal 28 Desember malah, yang baru gw tau kalu itu adalah tanggal ulang taunnya bang Dika, * Bluussshhh... * sebagai pengikut bang Dika sejak taun 2006 gw merasa sangat tidak sopan sama bang Dika... * Ampuni saya bangg... *.
Karena liat di Frontnya Gramed buku Manusia Ikan Salmon uda rilis, gw masup dan nyari di bagian Buku baru, tapi ternyata selidik punya selidik, tu buku kaga ada, awalnya gw pikir karena sekarang uda 2012 dan uda tanggal 9, brarti bukunya bang Dika uda dipindah ke badian Buku peternakan dan perikanan. Lalu akhirnya, karena IQ gw yang tinggi dan gw sangatlah cerdas, maka gw cari tu buku di mesin pencari yang disediain ma Gramed, dengan password Raditya Dika, akhirnya tu buku muncul di layar komputer, tapi ternyata otak gw ga cukup pinter untuk memahami apa yang gw liat di layar kompi. Yang gw liat saat itu adalah ada angka 12 di bagian bawah tulisan buku Manusia Ikan Salmon, lalu gw berkesimpulan bahwa tu buku masi ada, walo gw sedikit bingung karena disana gada penjelasan di rak manakah bukunya bang dika berada. Tiba-tiba dari sebelah ada mas-mas berseragam yang kayanya pegawai Gramed bilang ke gw, Manusia Ikan Salmonnya abis mba, yang 12 itu pesenan...
Gw bengong. Loh?
Abiss toh?? Yasudahh, gw diem, gw juga belum berniat buat beli tu buku. Bukannya apa-apa, baru sehari yang lalu gw beli buku Chicken Soup dan bahkan buku itu belum selese gw baca, itu alasan kedua setelah alasan pertama yaitu ketiadaan dana. Lagi asik-asiknya liatin novel-novel baru sama temen gw, mas-mas tadi muncul, and guess what. Dia ga sendirian!! Dia bawa buku bang dika!.
Dia bawa Manusia Ikan Salmon!! Omaigattttt!!! Sesuatu telah terjadi. Mas itu telah menghadirkan pilihan sulit dalam hidup saya. Beli dengan mempertaruhkan perut, atau ga beli, tapi resiko gw gatau kapan lagi bisa ketemu tu buku, karena sebulan kedepan gw bakalan Kerja Praktek di Farm Subang, dan itu pasti akan jauh dari peradaban. Finally, setelah menimbang selama beberapa detik, gw mutusin buat beli tu buku.
Resiko perut masi belum mau gw pikirkan. Dan karena harga bukunya bang dika sekitar 40 rebuan, otomatis sisa duit gw adalah 20 rebuan, dan apa yang gw lakukan sesudahnya sangat tidak disarankan untuk ditiru, terutama untuk para mahasiswa dalam rantauan, yang gatau bakalan dikirimin duit lagi kapan. Gw belok ke KFC, gw pesen Mocca Float sama Cream Soup * yeaaahhh.. gw cinta mati sama Cream soupnya!!! * dan sesudah itu, masa depan gw sangat terlihat, gw jatuh miskin.. Tidaakk!!

Semua gara-gara gw khilaf... tuhan.. ampuni hambamu yang hina inih!!.

Well, topic selanjutnya yang mau gw bahas adalah bukunya sendiri. Saat gw liat covernya, gw sedikit bingung, koq beda banget sama MMJ yakk? Kurang gimanaaa... gituh, kurang rame, kurang cute, kurang ikan salmonnya, hmmm... gw berkesimpulan sendiri, sepertinya pembuatan covernya bukan dibikin sama Dio deh, lalu gw lihat isinya, gw cari nama pendesain covernya, ternyata namanya Andriano Rudiman. Nama belakangnya si sama, tapi depannya koq bukan Dio?

Untuk lebih meyakinkan lagi, gw cross check sama Buku MMJ, then, ternyata kawan-kawan, nama bang dio adalah Andriano... Omagat... * lagi * betapa banyak hal yang saya tidak tahu tentang bang dika dan teman-temannya, maapkan saya abang... :’( jadi intinya tu kaver masi dibikin sama bang Dio, hummm... kenapa kurang greget yakkk? Entahlah, gw juga ga ngikutin perkembangan pembuatan bukunya di blog bang dika gara-gara sibuk mandiin sapi, jadi gw gatau apakah bang dika sempet posting di blognya tentang rencana desain cover MSS ato egag, apakah bang dika ngadain vote buat pilih yang manakah yang akan dijadiin kaver MSS atau tidak. Yang gw tahu tu buku uda dirilis, dan akhirnya gw beli tu buku yang isinya tentang pindahan semua, sesuai sam yang dibilang bang dika. 
Soal isi?

lebih bagus dari sebelum-sebelumnya jelass.. emang ada beberapa part yang masi ngambil dari ceritanya dia yang di stand up comedy, tapi penggalauan dan tanya jawab di twitter ituh yang bikin gw ngikik en guling-guling di kamar. 
truuuussss...

yang pindahan, Manteebb banget, brasa banget bang dika tambah dewasa dan bijak, * aseeekk *
ada 1 judul yang bikin gw sampe nangis bombay. yang kasih ibu sepanjang belanda. pokonya sesuatu banget. walopun mamanya bang dika minta supaya dirinya jangan sampe masuk buku lagi, tapi di buku ini mamanya ambil part bahkan lebih banyak dibanding sebelumnya. rasanya disana bang dika menjadi sedikit lebih melankolis dibanding biasanya, beliau yang biasanya banyak membahas tentang hal absurd semacam cinta anak ABG, kesurupan, kuliah, salah masukin kunci, dkk, kali ini membahas tentang kasih ibu sepanjang jalan. Dia cerita manakala dia lagi ke Belanda, mamahnya yang memang agak rempong itu entah mengapa dikit-dikit telpon, apa-apa telpon, segalanya dicemasin, padahal dia stay aja ga nyampe setahun. Terus akhirnya bang dika kenalan sama orang *ya ealah, masa sama kambing?* di galeri namanya Perek *i know what was on your mind*. Dia bergosip berdua mengenai ibu. Dan di akhir obrolan barulah bang dika sadar kalo ternyata ibunya si Perek ini tuh udah nggak ada. Then he realize something. Kemudian dia menelepon sang mama yang tentu saja disambut dengan heboh dan kecemasan berlebih. Bang dika menutup kisahnya ini dengan sebuah kalimat yang indah; 
"Bahwa sesungguhnya terlalu perhatiannya orang tua kita adalah gangguan terbaik yang pernah kita terima".

Impressive :)

A must read!!

0 komentar:

Posting Komentar

leave your footprint here ;)