Gangsters, Yakuza, and bla. bla bla Movie List

So, during Thursday night, i spend my time to browse and downloading j-drama. Anybody knows Gokusen? Ato gua disini yang telat dan kudet?. Gua dulu tahunya Gokusen itu manga jepang, kocak abis, isinya tentang seorang keturunan sekaligus generasi penerus Yakuza yang punya passion dan panggilan hati menjadi seorang guru, dan untuk mewujukan keinginannya ia harus struggling sekuat tenaga karena di satu sisi ia harus menyembunyikan identitasnya, but in the other side, dia *entah mengapa* selalu dibebani murid yang “Luar Biasa”.

Sedikit banyak mengingatkan gua akan drama jepang lainnya sih. Can you guess what? Yepp!! GTO aka. Great Teacher Onizuka, drama jepang lainnya yang juga gua demenin abis. Temanya ga jauh beda sebenernya. Mungkin bedanya GTO peran utamanya laki-laki, Gokusen peran utamanya cewek. GTO basicly adalah berandalan jalanan yang disegani (dan ditakuti) banyak orang karena namanya yang telah melegenda, sedangkan Yankumi adalah cucu sekaligus generasi penerus ketiga keluarga Oedo yang merupakan kelompok Yakuza.

Anyway, sebelum masuk ke tema utama, one thing i mention just a few hours ago adalah, gua ternyata suka tayangan berbau gangster dan semacamnya yah?. Gua juga ga ngerti kenapa, tapi seinget gua, ini berawal dari jaman dahulu kala, saat gua masih SD dan nonton film hongkong yang aktornya gua inget jelas : Ekin Cheng, ini film temanya gua nggak paham, Cuma yang nempel di kepala dan bikin gua terpana (sekaligus tersihir) adalah adegan saat 2 kelompok gengster bentrok, kemudian bertarung dimana saja sesuka mereka.
Do you know what i feel? I was amazed. Gua terpana, gua merinding, and i hope i am get involved with that moment. Gezzz...!!.

Sejak saat itu, semua drama atopun film yang menceritakan orang-orang rebel, bermasalah, gangster, yakuza, dan semacamnya selalu menjadi magnet tersendiri buat gua. But something for make sure is, nggak sembarangan film berantem gua kagumin. Selalu ada Bold theme disana. Dan (entah kenapa) commonly selalu berhubungan dengan pendidikan.

Let we start to make a list :

1. My Boss My Student (K-Movie)

Ini ceritanya seorang anggota jaringan gangster yang lagi kuliah *sambil dijokiin sama anak buahnya* kemudian dia punya tugas jadi guru (kalo di Indonesia macam PPL kali ya). Dia kemudian menjadi guru di kelas, yang ternyata salah satu muridnya merupakan tetua dari gangsternya sendiri.
Ini film kocak dan gokil abis. Tapi juga penuh makna, bagaimana seorang anggota gangster *yang biasanya didefinisikan sebagai : menakutkan* sampe punya prinsip “Guru, dan Ayah harus selalu dihormati”. Bagaimana seorang anggota gangster yang terkesan arogan, menjadi tak terkontrol dan marah tatkala tahu muridnya menjadi korban pelecehan oleh gurunya sendiri. Ini recommended abis!!.

2. My Wife is A Gangster 3

Yang ini mah bercerita soal seorang cewek yang notabene anaknya gangster hongkong dituduh melakukan pembunuhan terhadap pimpinan gangster lain, kemudian berlindung ke kelompok lain di Korea Selatan. Uniknya, anak buah kelompok di korea selatan ini sama sekali nggak tahu, siapa wanita yang diurusnya ini, kemudian diperparah dengan kenyataan mereka tak bisa saling mengerti bahasa satu sama lain. Super kocak, dan menegangkan.

3. Great Teacher Onizuka

Diangkat dari manga berseri dengan judul sama. Onizuka, lelaki pervert, yang hidup seadanya, kemudian terlibat perseteruan di sebuah sekolah, hingga akhirnya diminta menjadi seorang guru (dan Wali Kelas) di sebuah sekolah swasta elite. Could you imagine that? Dia yang bahkan lulus ujian kuliah aja dijokiin orang?.
But then, sang kepala sekolah percaya padanya, dan kemudian Onizuka menemukan passionnya, menemukan kebahagiaan di setiap keterlibatannya dengan anak-anak itu.

4. Crows Zero 1 and 2.

Ini film bukan tentang Yakuza atau gangster masuk sekolah, tapi anak sekolah yang hobinya ga lain berantem. Perkenalan gua sama film ini juga diawali dari manga yang berjudul Crows, Cuma kalo filmnya memang dibikin fase setahun sebelum di komik, jadi istilahnya kalo di komik Rindaman udah kelas 3, di film diceritakan masih kelas 2. Makanya judulnya Crows Zero. Shun Oguri disini super cakep dahh, mungkin berpengalaman juga akting jadi bad boy di Gokusen kali yahh?.

Yang bikin gua angkat topi buat mereka adalah pertarungan harus terjadi secara fair, nggak ada yang boleh pake senjata tajam, senjata mereka adalah tubuh mereka sendiri, apapun yang terjadi. Bisa dibandingkan dengan kelakuan siswa di indonesia yang belagak tawuran lempar-lempar batu, bawa celurit, atau sabuk kulit, bergaya paling kuat, dan paling berkuasa, dengan alasan pertarungan yang sudah abu-abu. *cape deh

5. My Mighty Princess

Ini tambahan dari gua, bukan Yakuza, Gengster, atau anak sekolah berandal, Cuma seorang cewek biasa, yang punya tenaga super karena keluarganya merupakan keluarga ahli bela diri. Ini cewe cute diperankan sama Gumiho pas masih muda Shin Min Ah. Saking kuatnya, pas kepalanya ketimpa palu dari lantai 2, dia Cuma tereak “Aww..” sambil ngusap kepala. Kalo gua sih uda dipastikan bocor kepalanya -__-“.
Gua personally suka karena disini keliatan Shin Min Ah martial artnya kece badai, di akhir cerita dia akhirnya mampu melakukan Lightning Stroke, jurus yang dulu ditemukan ibunya untuk mengalahkan Hyeok Bong.

Enough for dat list, suatu saat gua tambahin lagi kalu udah dapet referensi baru lagi :D


0 komentar:

Posting Komentar

leave your footprint here ;)