Happy Postcrossing ; A Kind Of Information You'll Need



Beberapa bulan yang lalu, setahun yang lalu lebih tepatnya, saat gua lagi menjelajah di Interpals.net, gua liat salah satu akun member di situ, anak cewek orang Spain yang stay di Korea, dia punya hobi Fotografi dan Snail Mail, alias kirim-kiriman surat. Sebelumnya gua masuk ke akun dia dari forum yang membahas tentang snail Mail alias kirim-kiriman surat. But then ketika gua buka akun dia dan deskripsi tentang dirinya, ada istilah baru yang gua ga ngerti ; Postcrossing.
Apakah itu?
Gua kemudian searching di mesin paling menakjubkan dan cerdas se-alam raya, yang bisa jawab seluruh pertanyaan kecuali pertanyaan “Dia Cinta nggak sama akuh?”.
Yep, gua Googling, dan nggak lama gua langsung dapet hasil teratas Postcrossing.com.
Website ini berfokus pada mereka penghobi PC aka Post Card, anggotanya uda bejibun dari berbagai belahan negara, dari negara dunia ketiga sampe negara adidaya semuanya campur aduk disana.
Alurnya adalah kita jadi anggota, kemudian beberes akun sendiri, termasuk nulis jenis PC apa yang kita suka dan harapkan untuk dikirim ke kita terus nyatet alamat pos kita disana, untuk mendapat kiriman PC dari orang lain, kitalah yang harus memulainya dengan mengirim kepada orang lain. Nah, tugas Postcrossing.com inilah yang akan memberikan alamat orang yang akan kita kirimi PC, siapa orangnya dan dimana itu terserah dari sononya karena semuanya menggunakan sistem Random alias acak. Bisa aja kita dapet Lithuania, Greenland, Australia, ataupun Yogyakarta. Gua sendiri pertama kali nyoba langsung dapet Russia, Russia, dan Russia. Dahsyat abisss!!.
Saat kita diberi tahu orang yang akan kita kirimi PC, Postcrossing.com juga mencantumkan sederet nomer ID yang wajib kita tuliskan di balik PC yang akan kita kirim. ID ini berfungsi agar ketika kiriman kita sudah sampai, maka mereka yang menerima akan mengkonfirmasi dengan rgister ID tersebut di akun meereka, dan Voilaa... kartu kiriman kamu akan muncul disana, juga dengan begitu secara otomatis kamu akan dikirimi PC oleh orang lain, siapapun itu. You just have to wait.
Gua, setelah pihak sana konfirmasi PC gua nyampe, beberapa bulan kemudian 2 PC melayang ke tempat gua, satu dari Ukraine, satu dari Russia.
Beberapa pertanyaan yang mengganggu seputar dunia Postcrossing bagi pemula semacam gua banyak sekali, mulai dari perangko, harga kirim, sampe persoalan Kartu Posnya sendiri.
Gua pribadi butuh waktu lama, untuk nyari PC kesana kemari apalagidi tempat sekolah gua Purwokerto, sedikit sekali – ato bahkan nggak ada? Took yang jualan postcard. Disana rerata pada jualan ayam goreng atau bebek goreng. *yeahh…!, baru kemudian saat berkesempatan ke Jogja, gua beli di Toko Buku Gunung Agung beberapa sheet, dan selanjutnya nggak lama pesenan gua via online di InTo Card sampai.
Yang memudahkan gua dalam berkenalan dengan postcrossing adalah Grup Facebook yang gua gabung di dalamnya, Komunitas Postcrossing Indonesia alias KPI. Disana buanyaaaaakk banget info yang worth it dan bermanfaat buat orang baru kaya gua, dan lebih kerennya lagi disitu sering banget diadain giveaway, gua yang anak bawang dan anak baru aja udah sering banget menang giveway disitu saking banyaknya yang ngadain.
Jadi, yang ingin memulai berikirim-kirim, yang perlu kamu siapkan adalah PC sheet, beberapa perangko, atau mau pake EMS juga terserah sih, tapi gua prefer yang murah aja, karena sekarang pake perangko ke eropa aja sekitar 13rebuan. Kemudian jadilah anggota Poscrossing.com atau ikut milis-milis serupa macam Card To Post atau Interpals.net. dapatkan alamat calon kawanmu, tuliskan pesannya, jangan lupa cantumkan alamat tujuan dan ID-nya (kalo pake postcrosing).
Dan oh iya FYI, dulu gua sempet bingung di pc itu perlu cantumin alamat sendiri atau enggak karena space-nya yang sempit, ternyata jawabannya bermacam, dicantumin atau enggak itu opsional, gua sejauh ini sih enggak cantumin, Cuma jangan lupa cantumin nama kamu siapa. Karena seringkali gua bingung mendapati kiriman PC (termasuk giveaway) yang nggak bernama, kemudian akhirnya harus menebak-nebak sendiri siapa pengirimnya. Just Let them know ure name J.


Kemudian kalau semuanya sudah checked, bawalah kartu-kartu itu ke bapak pos, kalo orang posnya berpengalaman, mereka nggak bakal banyak tanya dan paling Cuma terima aja. Tapi ada beberapa yang tanya-tanya, bahkan ada yang nolak dan bilang kalo pc ditempeli perangko 10rebu ga bakal nyampe ke luar. Itu fitnah Aisyah!!. Terakhir gua kirim di Post Office daerah UGM kirim ke daerah Russia itu kurang lebihnya ya 10rebu. *dan oh iya,bapak posnya ramah banget.
Terakhir jangan lupa berdoa semoga pc selamat sampai tujuan, dan sang penerima bahagia mendapatkan kartu dari kamu.
Bye...
Happy Postcrossing!!!.


0 komentar:

Posting Komentar

leave your footprint here ;)