memulai penelitian.

rasanya sudah lama sekali nggak nulis, dan begitu nulis pertama kali lagi, seperti orang yang baru belajar naik sepeda.
ya sudahlah...
beberapa bulan saya lewatkan dengan KKN, dan tugas-tugas sebagai mahasiswa tingkat akhir, yang meski hingga saat ini saya masih bertanya-tanya, mau bagaimana nanti?

tapi yang jelas, saya mendapat judul penelitian tentang itik Manila. 
oke, itu adalah proyek dosen yang ditawarkan oleh dosen Teknologi Hasil Ternak saya sesudah beliau mengetahui kalau mahasiswinya yang satu ini belum mendapat judul, dan kebetulan dosen saya di peternakan yang sedang menempuh kuliah s3 sedang melakukan penelitian, dan beliau punya judul untuk mahasiswanya.
selanjutnya saya ikut dengan proyek ini, hingga saat ini.

jujur, saya memang tak tahu arah tujuan saya. namun entah tuhan yang begitu berbaik hati dan  sayang dengan makhluknya yang satu ini, dari awal magang, saya magang di unggas, yakni ayam layer final stock. berikutnya kerja praktek, saya lagi-lagi berhadapan dengan unggas, saya mendapat porsi kerja praktik di Charoen Pokphand Farm I Subang, yang mengurus Parent Stock. terakhir kemarin, KKN, bahkan dengan spesialnya saya mendapat jatah KKN PPM, yang memberdayakan itik umbaran di Desa Negarayu. meski tak begitu spesifik, tapi subhanallah sekali apa yang telah tuhan berikan, tunjukkan, dan tuntun untuk saya yang tak hapal jalan ini.
meski tak spesifik di Itik Manila, tapi ternyata sejak awal saya sudah disetting untuk berada dalam 'jalur' unggas. bahkan dalam mata kuliah yang saya ambil pun, entah mengapa selalu berhubungan dengan unggas, mulai dari Industri Perunggasan, hingga Manajemen Aneka Ternak Unggas.
saat itu, 2 minggu yang lalu, saya bertemu dengan pimpinan proyek, membahas tentang judul Itik Manila ini, beliau ingin, sebelum mulai penelitian, yakni awal Desember, kami sudah seminar usulan.
maka mengebutlah kami membuat makalah. dan entah mungkin karena saya mendapat dosen yang sangat tepat waktu, atau bagaimana, dalam jarak waktu kurang dari satu minggu, saya sudah mendapat Acc dari salah satu pembimbing saya meski dengan perbaikan di sana-sini.

walaupun teman saya bilang itu keren, tapi bagi saya yang agk lambat ini, hal ini adalah mengejutkan dan sedikit membingungkan. saya butuh waktu untuk merunut dan memproses, apa saja yang terjadi pada saya belakangan ini? kenpa tiba-tiba saja saya sudah berdiri hari ini dengan tandatangan Acc dosen di tangan *dan bodohnya kaver acc itu tak sengaja dicoret-coret saat saya konsultasi dengan pimpro saya.

saya masih sering tercenung. apa yang terjadi sebenarnya? saya bersyukur sekali sebenarnya mendapat proyek dosen ini, dengan pembimbing hebat yang membuat saya harus berpikir dan mengembangkan diri saya, membuat saya harus merasa saya perlu membuktikan pada mereka kalau saya bisa.

dan sekalipun saya mendapat jalan yang begitu dimudahkannya oleh tuhan, hingga saat ini saya masih kebingungan mencocokkan aplikasi beasiswa yang kelak akan saya isi, apakah akan saya lanjutkan S2 peternakan, ataukah saya lintas ilmu? dan bolehkah itu??.

hari-hari saya yang dibilang oleh banyak orang sebagai hidup yang datar dan biasa banget ini masih terus berlanjut, hingga hari dimana saya harus berhenti, namun sampai hari manapun itu. tetap berjuang ^^.

0 komentar:

Posting Komentar

leave your footprint here ;)