Purpose and Passion






http://www.google.com/imgres?client=firefox-a&sa=X&rls=org.mozilla:id:official&channel=fflb&tbm=isch&tbnid=fPY_pviIlu0sNM:&imgrefurl=http://dailyinspired.net/%3Fq%3Dquote-collection/collection-inspirational-passion-quotations-sayings&docid=kBOZisuZzpwNnM&imgurl=http://dailyinspired.net/sites/default/files/styles/680x383/public/passion-quotes-dailyinspired-quote-collection.jpg%253Fitok%253DyXiv2WFy&w=680&h=383&ei=A32IUqewF5GzrAfjlYCgBw&zoom=1&ved=1t:3588,r:64,s:0,i:279&iact=rc&page=3&tbnh=168&tbnw=299&start=42&ndsp=23&tx=205&ty=66&biw=1366&bih=684




Selamat siang sodara-sodara setanah air, balik lagi sama gua, manusia yang telah menjadi pengangguran intelek (cailah...) selama hampir 3 bulan *hell yeahh...!!*.

Dont ever ask me why. Karena gua juga ga ngerti kenapa. Yang jelas setiap kali berhadapan dengan test psikotes, gua udah pasti ga bakal lolos. Gua emang kaga bakat sama ujian-ujian dan tes macem begitu, di test tertulis sebelumnya gua bahkan Cuma bisa ternganga saat liat soal yang notabene adalah soal logika matematika dan disajikan dalam bahasa inggris. Jujur kalo boleh gua pengen nangis saat itu juga! Tuhaaann...
Berhubung tema kali ini adalah masalah kerja dan tetek bengeknya, gua jadi kepikiran beberapa hubungan sebab-akibat dan korelasi antara pendidikan sama target kerja nanti. Eniwey, as you know setelah liat nama Blog gua aja, semua orang bakal ngerti kalo gua adalah mahasiswi fapet a.k.a Fakultas Peternakan, Cuma setelah lulus, teuteup aja apply kerja mah pada menceng-menceng, ada yang niat jadi PNS (masi nyambung), banyak yang jadi pegawai bank, bahkan ada yang kerja di perusahaan trading (trading aja gua kaga ngerti apa artinya -__-).

Sebenernya kadang gua juga suka bingung kalo udah begini, ya bingung sama idup, terlebih bingung sama diri sendiri. Istilahnya ya, empat taun kuliah di peternakan, bikin laporan tulis tangan sampe keriting-keriting tulisannya, praktikum tengah malem, sampe dini hari bersihin kandang sapi sama mandiin sapi, kuliah ngapalin jenis-jenis sapi, jenis ayam petelur, pedaging, tipe ini-itu, ngotak ngatik susunan pakan buat ngeransum ayam ato itik, dan seterusnya sampe mumet bolak balik ngusahain biar ternak materi penelitiannya tetep sehat walafiat sampe penelitian selese, setelah semua itu, ujung-ujungnya, kerja disuruh jualan produk perkreditan bank. Cape-cape dapet IPK 3,9 ujung-ujungnya ngelamar kerja dengan IPK minimum 2,75... aisshhh!!.
But, it always depend on ourself. Gua emang niat ga niat kuliah di sini, masuk, jalani, lulus. Udah. Mungkin beda sama temen gua yang basicly memang niat kuliah di Peternakan, yang begitu lulus maunya kerja di bidang yang masih berhubungan dengan peternakan, dan menjadikan lowongan kerja di bidang lain yang mayoritas diisi sama kawan-kawannya semacam bank dijadikannya sebagai pilihan terakhir. Kawan gua ini sebegitu pengennya kerja di bidang Quality Control. Finn, dia keterima di perusahaan kemitraan, katanya dia jadi QC disitu, dengan salary yang bagi gua jauh banget dari kawan-kawan yang keterima di bank-bank, but dia sendiri memang mengakui itu, dan nggak mempermasalahkannya. Cuz she love it, so she decided to accept it.

It’s always back to your purpose. Kalo tujuan nyari uang, kerja dimana aja jadi apa aja, dan ngapain aja terserah. Yang penting i’ve got right salary. Beda sama yang nyari kerja yang ideal dengan jurusan kuliahnya, sebesar ato sekecil apapun salarynya, itu akan jadi pertimbangan nomer sekian.
Gua, yang kuliah aja ga tau tujuannya apa *and am still confused with purpose of my life *. Jaman beberapa bulan lalu gua sempet ikut seminarnya Andy F. Noya di Graha Unsoed tentang Lentera Jiwa. Bahwa kalo kita hidup Cuma ngikut arus, kita ngga bakal tau apa yang terjadi ke depan, tenggelam ato ditelan buaya, siapa yang tahu?. Sedang hidup, dan berpegang dengan lentera jiwa kita, even nyalanya hanya secercah cahaya lilin, dan kita hanya bisa melihat sekeliling Cuma dengan cahaya itu, kalo cahayanya terus kita pelihara, sedikit demi sedikit kita akan sampe ke tujuan kita.

Hahaha.! Gua aja kaga tau gua mau ngapain, terus mau apa coba? Kalo orang tua gua presiden direktur, ato emak gua pengacara terkenal, mungkin gua akan pilih pegangan sama lentera jiwa kita, yang kata salah satu pengisi acara, salah satu bentuknya adalah passion kita. Kalo bener kaya gitu, gua bakal ngotot sama ortu mau jadi penulis atau animator (yang sekolahnya ajigile mahalnya). Sekarang gua mah jadi realis (minjem istilah temen). Gua liat keadaan, apa yang diperlukan itu yang gua kejar. Nggak berarti kita lupa passion kita. Hanya kita sedikit memutar. Kata temen laki gua, kalo lu ga bisa pergi ke yogyakarta lewat purwokerto, nggak berarti selamanya lu ngga akan bisa ke yogyakarta. Lu bisa lewat jalur utara, muter dulu ke tegal, kan nggak masalah. Yang penting lu tau, tujuan akhir elu adalah yogyakarta. Bahkan kalo misal jalur darat nggak bisa, lu boleh ke jakarta dulu, naik pesawat terbang dulu. Atau gimana pun caranya. Mungkin uang yang kepake lebih banyak, atau mungkin waktu yang digunakan untuk mencapai yogyakarta lebih lama, mungkin kita bakal jet lag, ato bus lag. Tapi at least, kita jelas akan mencapai yogyakarta. Asal kita naik bis dengan jurusan akhir yogyakarta.

Nggak apa-apa jadi tukang becak sekarang, yang jelas, tujuan akhir gua adalah jadi penulis sejajar sama Dewi Lestari.
Fin.





http://www.google.com/imgres?client=firefox-a&sa=X&rls=org.mozilla:id:official&channel=fflb&tbm=isch&tbnid=LuLcP_GEC5kJwM:&imgrefurl=http://www.lorensworld.com/life-work/turn-your-passion-into-purpose/&docid=CdN5XzcsFd1TfM&imgurl=http://www.lorensworld.com/wp-content/uploads/2012/10/purpose_quotes.jpg&w=554&h=379&ei=A32IUqewF5GzrAfjlYCgBw&zoom=1&ved=1t:3588,r:10,s:0,i:108&iact=rc&page=1&tbnh=179&tbnw=262&start=0&ndsp=18&tx=163&ty=106&biw=1366&bih=684


0 komentar:

Posting Komentar

leave your footprint here ;)